Kaum Milineal Kapan Dirimu Tua ?

Kaum Milineal Kapan Dirimu Tua?

Kaum Milineal Kapan Dirimu Tua?

Menjadi tua mungkin persoalan yang akan dihadapi oleh semua orang. Baik dari generasi Milineal, Gen X atau Baby Boomers. Tua bisa diisyaratkan bahwa seseorang merasa kurangnya harapan hidup, menurunnya daya ingat dan melemahnya seluruh anggota tubuh. Tapi itu semua tergantung perspektif masing-masing orang untuk menentukan umur awal seseorang dikatakan tua.

Kaum Milenial bisa disebut juga sebagai Generasi Y, yaitu mereka yang lahir antara tahun 1980 sampai tahun 1997. Generasi X (Gen X) yaitu mereka yang lahir antara tahun 1965 sampai 1980. Sedangkan generasi Baby Boomer (Boomers) adalah mereka yang lahir dari tahun 1946 sampai 1964. Jadi bisa dikatakan jika kaum Milineal pada tahun 2018 umurnya (21-35), Gen X umurnya (36-50) dan Baby Boomers (51-69).

Seorang penulis dari the New York Times, Steven Petrow berkeluh kesah di dalam tulisannya sendiri. Menceritakan perbicangannya dengan orang-orang yang menganggap dirinya pantas atau tidak, tepat atau tidak di dalam menentukan mereka tua atau tidak.

Beberapa tahun lalu di reuni kuliah dirinya terpaku saat seorang pilantropis berambut perak, David Rubenstein mempercepat laju ketika memasuki sesi terakhir dari hidup seseorang. Wajahnya seketika pucat? Begitu banyak orang yang sezaman dengannya meninggal, atau telah membungkuk seperti mencium bunga mawar.
Kagum dengan pikirannya, penulis asli berbicara dengan Mr. Rubenstein yang sekarang telah berumur 69 tahun. Lalu, Steven bertanya kepadanya jika dia mempertimbangkan dirinya sendiri layak dikatakan tua atau tidak. “69 kelihatan seperti anak muda untuk saya,” Rubenstein mengulangi. Setelah perbincangan itu, kebetulan seorang penyair berumur 68 tahun yang baru diselamatkan oleh ahli ilmu bedah karena terjatuh mengatakan mentah-mentah. “Saya seorang nyonya tua sekarang.”

Seperti sebuah identifikasi orang yang berumur empat puluh tahunan mengatakan tua ketika yang lainnya tidak? Dan apa itu tua ngomong-ngomong?

Setelah berumur 61, pertanyaan hinggap dipikiran penulis asli. Mungkin pikiran itu mengatakan jika 70 juta Baby Boomers yang sekarang telah berumur 50 tahun lebih (ya, bahkan ujung akhirnya kaum Boomers sekarang “berumur pertengahan” atau “tua”.

Percakapan di saat makan malam, sangat fokus pada bagaimana tetap muda atau sekurangnya menunda menjadi tua.

Definisi arti kata tua secara khusus berubah, ketika masa hidup seseorang semakin panjang. “Seseorang yang berumur 60 tahun hari ini berumur pertengahan,” kata Sergei Scherbov, peneliti utama dari penelitian aneka generasi pada penuaan.

Jadi Kapan Tua Berawal?

Scherbov mengatakan untuk penduduk Amerika, secara kasar berumur 70-71 tahun (laki-laki) dan 73-74 tahun (wanita), meskipun, saat dia menulis, “umur benarmu tidak hanya jumlah dari tahun kamu telah hidup.”

Dengan sangat indah, pengertian tua tergantung pada individu yang seseorang tanyai. Kaum Milineal, berarti berumur 20 sampai 30-an sekarang. Mereka mengatakan bahwa tua dimulai pada umur 59 tahun. Kemudian sebuah penelitian pada tahun 2017 yang dilakukan oleh U.S.Trust. Gen X yang sekarang berumur 40-an dan mendekati umur 50-an menuturkan bahwa 65 tahun adalah permulaan tua. Sedangkan kaum Boombers (Baby Boom) mematok 73 tahun sebagai permulaan tua.

Intinya, dan sangat jelas bahwa tua tergantung bagaimana persepektif dari yang ditanya untuk mendefinisikan kata “tua”.

Di satu titik, penulis asli sangat serius untuk melihat bagaimana teman-temannya mendefinisikan umur 50 tahun lebih sebagai permulaan tua, dan dia menanyakan di Facebook. Dari lusinan balasan, ada dua jawaban yang membuatnya tersenyum. “Tua adalah umur saya saat ini,” dan, “besok selalu besok. Tidak pernah hari ini.” Mungkin sebuah kesulitan yang paling terdengar ketika seseorang mendapatkan panggilan Ma’am sebagai ganti Miss. (Itu tidak pernah terjadi ke penulis asli, walaupun dia secara rutin memanggilnya Sir di hari-hari mereka)

Sementara itu, teman lainnya mengarahkan ke berbagai pencapaian fisik sebagai garis yang bisa dilihat di pasir. Seorang rekannya memposting, “ketika tidak bisa berlari satu mil selama 15 menit,” atau, “kapan saya harus berhenti memainkan tenis.” Kemudian datang dari melakukan tolak ukur yang buruk, “ketika seseorang berhenti tertarik di informasi baru dan pengalaman-pengalaman. Kebanyakan fokus pada persoalan memori,” sebagai definisi permulaan tua.

Itu kenapa David Rubenstein (69) ketua dewan dari kedua the Kennedy Center untuk seni pertunjukan dan institusi Smithsonian dan ketua yang bersama pendiri dan eksekutif dari the Calyle Group bisa mengklaim dia tidak tua, sementara teman penyair penulis asli, setahun lebih muda daripada mereka sekarang, mengatakan pada dirinya sendiri sebagai “tua”.

Baru-baru ini, disebabkan masalah-masalah berkeliling disekitarnya, dia harus mendatangkan pembantu perawatan kesehatan sebagai bantuan, hanya menegaskan bahwa dia meningkatkan ketergantungan pada lainnya.
Scherbov mengatakan bahwa kehilangan dari kemerdekaan dan mobilitas antara karakteristik yang mendefinisikan tua.

Penuaan sehat

Sedangkan Dr. Andrew Weil yang berumur 76 tahun dan bukunya “penuaan sehat”. Bertanya orang-orang untuk mencantumkan atribut yang berhubungan dengan tua. Kebanyakan dari mereka sangat sering mengutip, “kuno, kering, rapuh, ketinggalan jaman, layu, habis, tidak berguna dan layu, tidak berharga dan keriput.” Stereotip bagus, huh?

“Sikap negatif kaum tua terhadap orang-orang lebih tua tersebar luas,” sebuah analisis tahun 2015 oleh WHO mengkonfirmasi dalam sebuah survei. Hampir dua pertiga dari responden yang diambil sebanyak 83,000 orang dari 57 negara, tidak menghormati orang lebih tua. Kadar terendah yang di dapat datanya berasal dari negara dengan pendapatan perkapita besar seperti US. Bahkan lebih buruk, pandangan ini merugikan “efek kesehatan mental dan fisik orang lebih tua.”

Berita baiknya bahwa pandangan mereka bisa dirubah. “Seperti sexisme dan rasisme, merubah norma sosial adalah mungkin,” tulis Direktur dari perjalanan hidup dan penuaan, John Beard. “Itu waktu untuk menghentikan mendefinisikan orang-orang dengan umur mereka.”

Di sini, di sini!

Apa saya telah tua? Tentu saya “tidak,” dengan empati. Saya punya setiap niat dari tetap aktif dan terlibat setidaknya saat usia 70, 80-an dan berharap lebih lama. Tetapi niat baik bisa tergelincir. Saya punya penyakit kardiovaskular dan menderita depresi, dan kanker berjalan seperti sungai melalui keluarga saya. Sikap “pergi mendapatkan” bisa berubah dengan sebuah scan CT single, mobil kecelakaan atau melonggarnya lempingan di arteri. Yang mana berarti, mungkin selalu hanya selangkah atau dua langkah dari menyeberangi ambang tua. Semua alasan lebih menjadi pucat sekarang.

(AjiBaso)

// Kaum Milineal Kapan Dirimu Tua ? //